FIRST & GOOD’S EXPERIENCE
By : Hesti Handayani
Hukum Ekonomi Syariah
“o..o Kamu Ketahuann” itulah sepenggal lirik yang membuat saya
selalu takut (karna mendengar keluh kesah dari sahabat-sahabat saya yang misi
nya terbongkar hehehe) untuk melangkahkan kaki menuju pintu yang dijaga oleh
dua satpam yang bertampang garang yaitu di BTPN Purna Bhakti Tulungagung.
Tepatnya Pada hari Selasa 26 April 2016 pukul 08.15 Wib saya pergi ke bank dan
bisa dikatakan saya tidak menjadi diri
saya sendiri alias nyamar, inilah yang membuat saya agak gemetar. Tujuan
penyamaran kali ini untuk mengetahui apa saja produk yang ada di BTPN dan
tentunya tanpa melakukan observasi yang begitu formal dan pastinya membutuhkan
waktu yang lama bahkan berbelit-belit.
Tentunya dalam menjalankan peran
seperti ini saya bisa dikatakan gugup dan harus ngomong bagaimana, karena
menurut saya berpura-pura atau dapat dikatakan berbohong itu perlu mental baja (hehehe).
Sebab hal ini tidak sesuai dengan keadaan diri saya yang sebenernya. Sebelumnya
yang menjadi sorot utama yakni dari segi kostum apa yang cocok untuk pergi ke
Bank BTPN agar tidak dicurigai sebagai mahasiswi. Waktu itu saya mengenakan
kemeja kotak-kotak hitam dan memakai celana, dengan jilbab yang sedikit
berputar entah berapa kali putaran saya sampai lupa, dan yang membuat saya
tidak begitu pede selama ini memakai saya dipaksa untuk ber make up tebal
dengan bibir merah merona. Singkat cerita, saya langsung pegi ke bank dan
langsung masuk. Begitu saya datang
langsung disambut oleh satpam dengan ramah dan langsung ngomong mau ke customer
service karena lagi sepi saya langsung dipersilahkan untuk langsung ke customer
service, begitupun juga customer service nya dengan make up nya yang begitu
menggoda, menyapa sambil berdiri dan mengulurkan tangannya, saya berkata dalam
hati “kayak di bank syariah aja”. Saya berencana menanyakan tentang produk
simpanan yang ada di BTPN karna di bagi dengan anggota kelompok lain. Langsung
dipersilahkan untuk duduk dan menayakan apa tujuan saya datang ke sini. Saya
menceritakan bahwa saya akan menabung di BTPN akan tetapi saya masih tahap
proses tanya tentang bagaimana saya bisa menabung dan tabungan apa yang pas
untuk pengusaha seperti saya.
Dengan ramah dan sopan customer
service terlebih dahulu meminta izin untuk menjelaskan produk Simpanan yang ada di BTPN
khususnya KCP BTPN Purna Bhakti Tulungagung, bahwa di BTPN tersebut di
khususkan untuk para pensiunan dengan nama produknya yakni tabungan citra
pensiun yang memiliki banyak keuntungan bagi nasabah dan yang paling diutamakan
adalah kenyamanan nasabah, keuntungan yang bisa diperoleh antara lain dalam
tabungan citra pensiun ini setoran awalnya nol dan dalam saldo nol pun nasabah
dapat merasakan manfaatnya karena pengambilan gaji tidak ditentukan diawal
bulan akan tetapi seluruh bulan, yang dimaksud kenyamanan yang diberikan kepada
nasabah diatas yakni dalam pengambilan gaji pensiunan diawal bulan disediakan
snack dan juga hiburan gratis sambari menunggu antrean pengambilan gaji. Selain
itu manfaat yang lebih juga dapat diperoleh yakni nasabah akan memperoleh
layanan cek kesehatan, penyuluhan kesehatan, informasi kesehatan dan juga
pelatihan wirausaha, untu cek kesehatannya dilakukan di setiap bulan,
layanan-layanan tersebut juga berlaku bagi nasabah yang melakukan kredit. selain simpanan yang di khususkan untuk
pensiun, juga ada simpanan yang untuk umum yaitu tabungan pasti yang
dipergunakan untuk nasabah diluar pensuinan atau umum. Untuk setoan awalnya dua
ratus lima puluh ribu dan dengan syarat yang sangat mudah yakni Kartu Tanda
Pensusuk dan juga NPWP bagi yang memiliki, kalau untu produk ini tiap bulan
dikenakan biaya adsminitrasi rekening lima ribu rupiah dan biaya penutupan
rekening lima puluh ribu rupiah. Disini nasabah dapat meperoleh manfaat yang
banyak sekali yakni memperoleh suku bunga yang kompetitif dan juga setoran awal
yang terjangkau. Sebenarnya di BTPN tersebut juga ada produk simpanan Taseto
Premium, Taseto Bisnis, dan Taseto Mapan yang digunakan untuk nasabah umum,
akan tetapi di BTPN ini sudah dihapuskan dan sekarang adanya di kantor cabang
yani di Kediri. Di BTPN ini tidak bisa
melayani tabungan cek dan Giro, hal itu hanya bisa dilakukan di kantor cabang
yaitu di kediri, selain itu ATM juga belum ada,
yang ada yakni kartu e-karib yang berfungsi sebagai ATM dan juga kartu
Pensiun.
Kurang lebih tiga puluh menit
mengobrol dan akhirnya saya akhirkan dengan minta brosur untuk mempermudah
dalam pengambilan informasi saya nanti. Mungkin omongan saya yang tadi yang
tidak meyakinkan atau entah faktor apa, saya tidak dikasih brosurnya, katanya
kalo untuk brosur tidak begitu update dan untuk yang lebih up date nya saya
disuruh ambil ke kantor cabang kediri. Disitu saya sedikit heran, “masa lembaga
keuangan seperti ini nggak ada brosur”. Dan saya kurang yakin dengan saya buat
obrolan lagi yang sedikit panjang dan sampai tiga kali sambil ngobrol di
dalamnya saya selalu minta brosur. Tapi tetap saja tidak dikasih. dan akhirnya
saya meminta ijin untuk pulang, lagi-lagi saya ditawari untuk membuka rekening
saat itu juga dan di pesani untuk memperkenalan produk-produk BTPN ke keluarga
yang mau pensiun. Mungkin sekian dulu sepenggal cerita dari pengalaman surve
saya ke bank, semoga postingan kali ini akan memberi gambaran mengenai bagaimana
menjadi nasabah di BTPN Purna Bhakti Tulungagung Khususnya.
Semangat !
mudah untuk mrngikuti alur kisah anda, . karena dengan sedikit curhatan, . . hehehehe
BalasHapus